Rekomendasi Sobat Dolan!

Sertifikat Vaksin tidak Muncul? Ini Cara Mengatasinya

Ini 5 Tips Aman Berwisata saat Pandemi

 


Hola, Sobat Dolan! Di masa pandemi ini, banyak sekali kegiatan yang dilakukan serba daring (online) dan serba di rumah saja. Kegiatan monoton tersebut dapat menyebabkan bosan, stres dan kesepian. Jadi, wajar saja saat pandemi menyerang, keinginan untuk berwisata demi menghilangkan penat makin menggebu-gebu.

Kegiatan berwisata di era ini tentu akan berbeda karena pandemi Covid-19 merubah segala bentuk kenormalan di kehidupan.  Lalu, bagaimanakah tips aman berwisata saat pandemi? Berikut adalah 5 tips berwisata saat pandemi.

1.    Tubuh yang Sehat

Hal pertama yang harus Sobat Dolan lakukan adalah memastikan bahwa tubuh dalam keadaan yang sehat. Ketika tubuh sedang sakit, maka daya tahan akan menurun. Saat daya tahan menurun, maka tubuh akan lebih mudah dimasuki berbagai penyakit. Tidak hanya Covid-19, tapi juga penyakit lain.

Tak hanya memastikan diri sehat, di beberapa tempat wisata terutama di daerah lain yang jauh, biasanya akan mengharuskan Sobat Dolan memiliki surat bebas Covid-19 seperti surat GeNose, rapid ataupun swab PCR. Hal tersebut untuk melindungi diri Sobat Dolan dan orang di sekitar kamu.

2.     Survei Tempat Dulu

Tips aman berwisata saat pandemi selanjutnya adalah survei tempat terlebih dulu. Covid-19 tentu akan lebih cepat menular di tempat yang banyak kerumunannya dan tempat yang tertutup. Jadi, survei tempat sangat diperlukan untuk mengetahui jam-jam ramai dan medan dari lokasi yang akan Sobat Dolan tuju. Selain itu, survei juga dilakukan untuk memastikan bahwa tempat tersebut buka atau tutup di saat pandemi.

Jika Sobat Dolan ingin berwisata ke luar daerah, maka selain memastikan keadaan lokasi tempat wisata juga memastikan rendah atau tingginya kasus Covid-19 di daerah tersebut. Untuk mendapatkan informasi mengenai jumlah kasus di suatu daerah, Sobat Dolan dapat mengaksesnya dengan mudah di mbah google. Jika ingin menginap, pastikan tempat menginap telah menerapkan protokol kesehatan yang ketat sehingga tidak akan terjadi hal yang tidak diinginkan.

Bercerita mengenai pengalaman pribadi, admin berwisata ke embung Manajar, Selo, Boyolali jam 7 pagi di mana tempat wisata masih sangat sepi. Kemudian, admin pulang pukul 11.30 siang saat wisatawan datang masuk ke tempat wisata. Selain berniat menghindari kerumunan, berwisata saat tempat sepi membuat tempat wisata seperti milik sendiri. Hehehe.

3.     Membawa Alat Pribadi

Setelah memastikan tubuh yang sehat dan telah melakukan survei tempat, langkah selanjutnya adalah membawa alat pribadi ketika berwisata. Alat-alat seperti sikat gigi, handuk, alat makan dan minum juga perlu untuk dibawa. Hal tersebut demi meminimalisir kontak dengan orang lain saat berwisata.

4.    Pakai Masker dan Bawa Handsanitizer

Demi keamanan berwisata saat pandemi, jangan lupa untuk selalu memakai masker dan membawa handsanitizer. Jangan lupa untuk membawa masker lebih dari satu dan memakai masker double. Dianjurkan untuk memakai masker medis terlebih dahulu kemudian dilapisi dengan masker kain. Setelah memakai dan membawa masker lebih dari satu, bawalah handsanitizer untuk mempermudah membersihkan tangan karena tidak semua lokasi wisata ada tempat untuk membersihkan tangan.

5.    Solo Travelling

Tips paling pamungkas adalah solo travelling alias berwisata sendiri. Semisal hanya ingin merefresh pikiran sejenak, maka solo travelling adalah pilihan yang paling tepat. Jika mindset solo travelling dimiliki banyak orang, tentu tempat wisata tidak akan terlalu ramai pengunjung. Namun jika ingin berwisata bersama keluarga atau orang tercinta, maka juga tidak masalah. Asal pastikan selalu sesuai protokol kesehatan.

Demikian tadi 5 tips aman berwisata saat pandemi. Ingat, walaupun kamu dapat berwisata, kesehatan diri adalah yang utama. Jika tidak terlalu membutuhkan refreshing ke luar rumah, lebih baik tetap di rumah saja.


Komentar